Indonesia Jadi Konsumen Pasar Halal Terbesar di Dunia, Segini Proyeksi Kenaikannya Tahun 2025

Sugeng rawuh Tanzanialeisure Discover di Situs Kami!

Tanzanialeisurediscover – Pengeluaran umat Islam Indonesia mencapai US$ 184 miliar pada tahun 2020 dan diperkirakan tumbuh sebesar 14,96 persen atau US$ 281,6 miliar pada tahun 2025. Indonesia Jadi Konsumen Pasar Halal Terbesar di Dunia, Segini Proyeksi Kenaikannya Tahun 2025

Kementerian Perindustrian terus mengupayakan pengembangan industri halal di Indonesia.

Pada akhir tahun 2023, laporan State of the Global Islamic Economy menduduki peringkat ketiga dalam pengembangan ekonomi halal, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya. Garuda Buka Rute Jakarta-Doha, Harga Tiket Mulai Rp 7,1 Jutaan

Baca Juga: Jelang Pencoblosan, Bawaslu Kota Semarang Siaga Pantau Pemilu, Ini Pesan Mbak Ita

Dengan tingginya konsumsi umat Islam menjadikan Indonesia sebagai pasar konsumen halal terbesar di dunia dengan pangsa 11,34 persen terhadap total belanja halal global.

Salah satu upaya yang bertujuan untuk mengisi peluang berkembangnya industri halal adalah dengan sertifikasi halal terhadap produk manufaktur, termasuk makanan dan minuman.

“Kementerian Perindustrian bertanggung jawab menyiapkan program pemberdayaan dunia usaha, termasuk promosi sertifikasi halal bagi dunia usaha. Kata Plt. Kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Putu Julie Ardika dari kemenperin.go.id.

Baca juga: Wingko Babat Manis Asin Khas Semarang. Yuk, buat sendiri di rumah, bahannya sederhana. Silakan tulis seluruh resepnya.

Ia mengatakan, sertifikasi halal untuk seluruh makanan, minuman, produk penyembelihan, dan layanan penyembelihan akan diterapkan di seluruh tanah air.

Hal ini sejalan dengan besaran kewajiban halal yang tertuang dalam Keputusan Pemerintah No. 39 Tahun 2021.

Untuk itu, Kemenperin terus mendorong penyederhanaan sertifikasi halal bagi usaha kecil (IK). Indonesia Jadi Konsumen Pasar Halal Terbesar di Dunia, Segini Proyeksi Kenaikannya Tahun 2025

Selama tiga tahun terakhir, Pusat Tenaga Usaha Halal (PPIH) Kementerian Perindustrian telah memberikan dukungan untuk memperoleh sertifikasi halal sebanyak 3.095 IK, baik melalui skema standar maupun deklarasi mandiri.

Baca Juga: Hasil Liga Voli Putri Hari Ini Yang Terbaik GS Caltex Kalah Hyundai Hillstate 1-3 Megawati Hangestri Pertiwi CS Open Top Three

Pada tahun 2024, PPIH akan kembali memberikan sumber daya sertifikasi halal kepada 1.250 usaha kecil, termasuk permohonan sertifikat halal dan pelatihan pemeriksa halal bagi usaha kecil, calon penerima layanan.